pengalaman menggunakan mandiri e-cash


Saya akan menceritakan pengalamanku menggunakan aplikasi mandiri e-cash, diantaranya untuk pembayaran online store, pembelian pulsa, dan upgrade ke registered member. Bagi sobat yang belum mengetahui mandiri e-cash, dapat membaca pada bagian tanya jawab di website mandiri e-cash secara langsung.

Singkatnya, ada beberapa keuntungan menggunakan mandiri e-cash yang langsung membuat saya ingin segera menggunakannya di handphone saya, yaitu:

  1. Mandiri e-cash bisa digunakan untuk membayar belanja online di beberapa merchant terkenal seperti tokopedia, blibli, bukalapak, elevenia, dan bhinneka.
  2. Mandiri e-cash tidak ada potongan administrasi bulanan, jadi uang kita akan utuh.
  3. Mandiri e-cash ini bisa kita gunakan untuk membeli pulsa ataupun pulsa PLN, dengan tanpa biaya tambahan
  4. Tidak seperti transfer ATM yang ada minimal transfer sebesar Rp 50.000, di Mandiri E-cash tidak ada minimal transfer maupun pembayaran online, jadi kita bisa dengan mudah berbelanja barang di merchant yang menerima pembayaran E-cash tanpa kuatir kesulitan membayar.
  5. Reload saldo atau isi saldo Mandiri E-cash sangat mudah, bisa transfer melalui ATM bank manapun jadi tidak harus ATM bank mandiri. Nasbaha bank lain seperti BCA, BRI, BNI, atau yang lainnya bisa juga transfer melalui ATM untuk mengisi saldo Mandiri E-cash. Selain transfer, bisa juga dengan memanfaatkan jasa isi saldo E-Cash Mandiri Milik saya :).
  6. Kita bisa transfer ke rekening Mandiri maupun tarik tunai saldo E-cash kita. Jadi bagi nasabah Tabunganku Mandiri yang tidak bisa transfer langsung melalui ATM, dapat menggunakan fasilitas ini untuk transfer ke rekening Mandiri.
  7. Semua orang yang mempunyai handphone bisa menggunaakan E-cash Mandiri, tanpa harus menjadi nasabah Mandiri atau tanpa harus mempunyai rekening di Mandiri.


Untuk menginstalnya di handphone Android, cari aplikasi Mandiri E-cash di Google Playstore, lalu silahkan register terlebih dahulu. Setelah selesai register, aplikasi siap digunakan. Untuk mengisi saldo E-cash mandiri ada beberapa cara, yaitu: Melalui ATM Mandiri, Transfer dari rekening Bank lain melalui ATM, atau melalui patner.

Saya sendiri tidak mempunyai rekening tabungan di Mandiri, atau di Bank lain, karena merasa sayang jika tabungan yang saldonya gak seberapa  disunat dipotong terus menerus per bulannya dengan dalih biaya administrasi .. heheheh. Nah, saya menggunakan jasa isi E-cash Mandiri di kaskus, sebagai solusi untuk mengisi saldo E-cash Mandiri saya. Untuk menggunakan jasa isi saldo E-cash Mandiri di kaskus, saya dikenakan biaya jasa sebesar Rp 2.000.

 

Mencoba melakukan pembayaran online store dan beli pulsa dengan e-cash Mandiri.


Singkat cerita setelah saldo E-cash saya terisi, saya mencoba menggunakannya untuk berbelanja di Blibli.com , saya ingin membeli kabel data dan charger yang harganya Rp 22.900. Setelah melakukan pembelian dan ke tahap pembayaran, saya diarahkan ke halaman login Mandiri E-cash. Pembayaran dapat dilakukan dengan memasukan OTP (one time password) yang dikirim melalui sms ke nomer handphone yang terdaftar di E-cash Mandiri. Saya menunggu lama, namun sms berisi OTP tidak juga saya terima.

Setelah mencoba mencari tau, ternyata pengiriman SMS OTP dikenakan biaya sebesar Rp 550 , ... malangnya saya,ternyata pada saat melakukan transaksi, nomer handphone saya dalam masa tenggang, walhasil sms OTP tidak bisa saya terima... wah gagal untuk mencoba menikmati pembayaran toko online menggunakan E-cash Mandiri.

Akhirnya karena saya penasaran, saya mencoba menggunakan E-cash Mandiri ini untuk membeli pulsa Simpati, nominal yang tersedia yaitu Rp 25.000, 50.000, dan 100.000 , saya membeli pulsa Rp 25.000.... dalam hitungan detik, pulsa telah bertambah, ... berhasil, cuuuy. Saldo E-cash berkurang Rp 25.000, berati tanpa ada biaya tambahan yang dikenakan saat membeli pulsa.

Setelah berhasil melakukan pembayaran, ada bukti pembyaran melalui e-cash mandiri seperti struk pembayaran

struk transaksi pembayaran menggunakan E-cash Mandiri

Karena penasaran, beberapa hari kemudian saya ngisi pulsa nomer HP yang saya daftarkan untuk E-cash Mandiri yang memasuki masa tenggang biar aktif lagi. Saya coba menggunakan untuk belanja di Bukalapak. Pada dasarnya hampir sama dengan Blibli atau toko online lainnya yang menereima pembayaran menggunakan E-cash Mandiri. Kurang lebih seperti ini:

  1. Pada saat Checkout, kita memilih metode pembayaran menggunakan E-cash Mandiri
  2. Kita akan diarahkan ke website E-cash Mandiri dan login menggunakan nomer handphone dan PIN
  3. Kita akan menerima SMS berisi kode OTP, masukan kode tersebut dan klik BAYAR
  4. Pembayaran selesai, anda akan menerima bukti pembayaran berupa struk

 Pengiriman SMS berisi kode OTP ini ternyata cepat hanya beberapa detik setelah login, dan setelah saya cek pulsa berkurang Rp 550,-

Berikut ini contoh bukti struk pembayaran ke Bukalapak menggunakan Mandiri E-cash

pembayaran bukalapak menggunakan E-Cash Mandiri

 

Upgrade Mandiri E-cash ke Registered melalui ATM Mandiri.


Nah, tahap selanjutnya saya mencoba untuk upgrade account E-cash saya ke registered. Keistimewaan member registered E-cash Mandiri adalah limit saldo bisa mencapai Rp 5.000.000 dan bisa kirim E-cash ke pengguna E-cash lain, bisa menarik tunai maupun transfer. Sedangkan bagi unregistered member yang belum upgrade, limit saldo Rp 1.000.000 dan hanya bisa digunakan untuk berbelanja saja.

Cara upgrade yang paling mudah yaitu lewat ATM mandiri, saya coba menggunakan kartu ATM Tabunganku Mandiri untuk upgrade E-cash. Saya tidak yakin apakah bisa apa tidak, karena kartu ATM Tabunganku Mandiri sangat terbatas fasilitasnya hanya untuk mengecek saldo dan tarik tunai dengan jumlah yang terbatas. Saya mencoba mengikuti langkah upgrade yang saya baca di aplikasi, ... dan ternyata, Berhasil!

upgrade register mandiri e-cash


Saya menerima struk bukti upgrade member seperti di bawah ini.

 struk upgrade registered mandiri e-cash

 

Dan berikut ini screenshot tampilan list transaksi yang dilakukan menggunakan aplikasi Mandiri E-cash,

list transaksi Mandiri E-cash

Nah, itu sedikit pengalaman menggunakan Mandiri E-cash, saya pribadi sangat terbantu dengan fasilitas-fasilitas yang ada, karena memudahkan untuk melakukan pembayaran maupun pembelian di berbagai toko online. Selain itu, saya dapat melakukan transfer ke rekening Mandiri kapan saja saya mau, fasilitas ini tidak saya dapati di fasilitas rekening Tabunganku Mandiri yang saya punyai. Lain waktu saya sambung kembali pengalaman menggunakan e-cash mandiri.



jasa edit template blogspot, modifikasi web dan blog