belajar php dasar untuk pemula


Ada beberapa hal yang harus dipelajari pertama kali saat belajar php dan mysql. Ibarat tingkatan anak sekolah pasti melewati tahapan kelas awal lalu naik kelas untuk mempelajari pelajaran yang lebih susah, kemudian setelah lulus, naik kelas lagi untuk mempelajari pelajaran tingkat lainnya. Saya yang masih baru mengenal php, mencoba menulis tutorial seperti yang saya ketahui,dengan tujuan semoga saja ini bisa membantu sobat semua dan membantu saya juga untuk mengingatnya karena inipun saya rencanakan sebagai arsip yang bisa saca baca lagi suatu saat nanti, supaya tidak hilang. Jika boleh saya sarankan, berikut ini tutorial php dan mysql yang bisa sobat pelajari dan praktekan. Tutorial php ini dilengkapi dengan contoh script, database dump, dan demo script php yang bisa sobat download secara gratis. Namun mohon bersabar, karena beberapa masih dalam proses penulisan, yang nantinya jika sudah selesai akan saya update satu per satu.


Tutorial Belajar PHP dan mysql bagi pemula

  1. mengubungkan file php dengan mysql
  2. menampilkan data tabel database ke halaman php
  3. membuat form php dan menyimpan data ke mysql
  4. membuat script php edit data
  5. membuat form search pencarian data
  6. script membuat navigasi halaman php
  7. menampilkan dua data tabel mysql dalam 1 halaman php
  8. menampilkan data dua database mysql dalam php

Beberapa materi masih belum terpikirkan, jadi menyusul saja ya. Silahkan cek secara berkala situs ini untuk mencari artikel baru, dan silahkan sobat request. Semoga saja saya bisa membantu, maklum masih baru tahap belajar.

Yang perlu dipersiapkan sebelum mulai belajar

Tidak seperti html yang langsung bisa dibuka di browser, php memerlukan beberapa aplikasi untuk diinstal terlebih dahulu. Diantaranya adalah tentu saja PHP, kemudian mysql jika mau menggunakan database, Apache sebagai service nya, dan tool manajemen mysql seperti phpmyadmin, atau sqlyog. Tapi walupun ada beberapa software yang harus diinstal terlebih dulu, sobat tidak perlu kuatir kesulitan instal. Cukup instal appserv dan apa yang diperlukan sudah terinstal dengan mudah.

Selanjutnya, untuk mengedit dan menuliskan script diperlukan minimal text editor. Saya merekomendasikan notepad++ untuk digunakan. Jika sudah familiar juga bisa menggunakan software pendukung lainnya seperti dreamweaver atau web editor lainnya. Namun software-software tersebut tidak gratis dan jika mau downloadpun ukurannya sangat besar, kecuali memang sobat sudah punya sendiri.

Lokasi penyimpanan file php

Seperti yang sudah diulas tadi, bahwa untuk menjalankan file php harus diinstal dulu beberapa software pendukung. Begitu juga lokasi penyimpanannya. Untuk lokasi penyimpanan file, simpan di folder www yang lokasinya adalah c:appservwww  letakan dalam satu folder. Jadi misalnya lokasi penyimpanan adalah folder, c:appservwwwfolder . Maka untuk membuka file php di dalam folder tersebut di browser diakses dengan url http://localhost/folder/file.php

Nah, jika sudah selesai persiapannya. Silahkan mulai proses belajarnya, selamat belajar!

 



jasa edit template blogspot, modifikasi web dan blog