Peraturan baru youtube 2018 buat youtuber susah dapat uang dari google adsense

Beberapa hari ini dunia peryoutubean dibuah geger, dengan munculnya aturan baru dari pihak google. Aturan baru ini memastikan banyak youtuber khususnya pemula atau yang sedang berkembang, berjatuhan. Siap-siap channel andalannya kehilangan sumber pendapatan dari Google Adsense mulai tanggal 20 Februari 2018.

Pemilik channel youtube yang telah dimonetize google adsense, akan mendapatkan notifikasi seperti ini:

 

Apa sih aturan baru youtube yang menggemparkan itu?
Ada dua aturan yang harus dipenuhi semua uploader youtube, yaitu mereka harus mempunyai minimal 1000 subscriber pada dan minimal 240.000 menit view atau 4000 jam view dari channel yang dimonetize oleh google adsense. Syarat view inilah yang tidak mungkin dipenuhi oleh youtuber pemula yang baru saya merintis dalam beberapa bulan. Tidak hanya youtuber pemula saja yang dibikin susah, mereka yang sudah kelas kakap pun tidak luput dari syarat ini, dan nantipun akan dievaluasi channelnya oleh youtube jika mereka ingin memonetize kembali channel youtubenya.

seperti yang dapat dilihat di screenshot kutipan email dan frequently asked question di bawah ini:

Dengan demikian, dengan adanya pengumuman peraturan baru youtube 2018 ini, sudah pasti sekarang sangat susah untuk mendapatkan uang dari youtube, Perlu dedikasi penuh supaya benar-benar sukses, dan original atau bukan reupload video menjadi kunci utama, karena youtube memantau video dan channel oleh manusia langsung, disamping dengan alogaritma AI nya yang memantau setiap saat, sebuah langkah berseih-bersih yang tidak main-main dari youtube.

Sebuah syarat yang sangat berat ini banyak yang menduga karena kasus logan paul , youtuber terkenal, yang menampilkan korban bunuh diri dalam videonya. Sebelumnya, youtube juga sudah mengketatkan persyaratan channel yang akan dimonetize google adsense harus minimal 10.000 view pada sekitar April 2017 lalu. Kini dengan adanya kasus Logan Paul ini, semua youtuber kena dampaknya. Semua Channel akan direview manual oleh real human.

Pengaruhnya aturan baru youtube 2018 buat aku.
2 bulan lalu channel ku lolos 10.000 view, dan iseng2 mendaftarkan untuk dimonetize google adsense, dan ternyata diterima. selama kurang lebih dua bulan ini, lumayan lah, dapet recehan daripada channelnya dianggurin. Sayang sekali kenapa saya tidak dari dulu memanfaatkan channel saya ini, kini dengan aturan baru tersebut, dipastikan saya bakal diputus hubungan oleh google adsense pada bulan februari nanti. Dan entah kapan channel saya bisa dimonetize lagi, mungkin dua atau tiga tahun lagi, karena untuk mendapatkan 240.000 menit view atau 4000 jam view bukanlah perkara gampang.

Untuk langkah pertama ini, sambil menunggu ambang 4000 jam view yang entah kapan tercapai, saya pun muai bertukar subscribe sewajarnya. Silahkan buat yang mau bertukar subcribe, atau sub 4 sub , subcribe balik untuk subcribe,… bisa subscribe channel saya. Subscribe dan kasih comment ke salah satu video, nanti sayapun balik subcribe.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.